Sabtu, 13 Agustus 2011

PHINISI PERAHU LAYAR KEBANGGAAN INDONESIA

Di dunia internasional, perahu Phinisi baru dikenal sejak 1906 silam. Perahu itu adalah bentuk termodern dari kapal tradisional orang Bugis-Makassar yang telah mengalami proses evolusi panjang. Kapal itu dibuat sebagai perahu layar dengan dua tiang dan tujuh hingga delapan helai layar. Pada umumnya perahu ini berukuran kecil dengan daya muat antara 20 hingga 30 ton dan panjang antara 10 hingga 15 meter. Hampir keseluruhan pembuatan perahu dilakukan dengan teknik-teknik sederhana dan mengunakan tenaga mesin yang sangat minim.
Sekarang Kita flashback ke awal sejarah adanya perahu phinisi



Di ujung selatan pulau Sulawesi, masyarakat setempat membangun sebuah tradisi bahari selama ratusan tahun. Cerita-cerita tentang keperkasaan para pelaut Bugis, Makassar, Mandar, dan Konjo telah menjadi buah bibir hingga ke pelosok negeri nun jauh di seberang lautan. Keindahan dan kekokohan perahunya dalam menghadapi keganasan ombak lautan, telah melahirkan cerita-cerita kepahlawanan yang mengagumkan.


untuk lebih lengkapnya dapat mendownload link di bawah ini :
himas-stkipptk.blogspot.com

1 komentar:

  1. hee....sampai sekarang masyarakat di desa ara, bira kab.bulukumba...masih menerapkan pembangunan perahu phinisi secara tradisional secara turun temurun, dalam epos lagaligo(epos terpanjang)

    BalasHapus